Resume Kelompok 4

Struktur Pasar

Dari persentasi kelompok 4 di mata kuliah ini saya berpendapat tentang Struktur Pasar yaitu menjelaskan tentang macam-macam pasar.

Struktur pasar
adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar bedasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri.

jenis-jenis pasar :

pasar persaingan sempurna
terjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan produk yang besifat homogen atau produk yang sama.
  • sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
  • jumlah penjual dan pembeli banyak.
  • barang yang di jual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain.
  • penjual bersifat pengambil harga  (price taker).
  • harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply).
  • posisi tawar konsumen kuat.
  • sulit memperoleh keuntungan diatas rata-rata
  • sensitif terhadap perubahan harga.
  • mudah untuk masuk dan keluar dari pasar.
pasar persaingan tidak sempurna
dibagi menjadi beberapa bagian :
  • pasar monopoli : terjadi dimana, ketika hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
sifat-sifat pasar monopoli :
  1. hanya terdapat satu penjual atau produsen.
  2. harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli.
  3. umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan orang banyak.
  • pasar oligopoli : suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam suatu wilayah area. umum nya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
sifat-sifat pasar oligopoli :
  1. harga produk yang dijual relatif sama.
  2. pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses.
  • pasar monopolistik : dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek/merupakan ciri dari produk masing-masing.
sifat-sifat pasar monopolistik :
  1. untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda.
  2. mirip dengan pasar persaingan sempurna.
  3. brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda.
  4. produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan meruba harga.
  5. relatif mudah keluar masuk pasar.
  • pasar duopoli : adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.

Penulis : Algi Andana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Resume Kelompok 4 ini dipublish oleh Algi Andana pada hari Senin, 16 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Resume Kelompok 4
 

0 komentar:

Posting Komentar