Struktur Pasar
Dari persentasi kelompok 4 di mata kuliah ini saya berpendapat tentang Struktur Pasar yaitu menjelaskan tentang macam-macam pasar.
Struktur pasar
adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar bedasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri.
jenis-jenis pasar :
pasar persaingan sempurna
terjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan produk yang besifat homogen atau produk yang sama.
- sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
- jumlah penjual dan pembeli banyak.
- barang yang di jual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain.
- penjual bersifat pengambil harga (price taker).
- harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply).
- posisi tawar konsumen kuat.
- sulit memperoleh keuntungan diatas rata-rata
- sensitif terhadap perubahan harga.
- mudah untuk masuk dan keluar dari pasar.
pasar persaingan tidak sempurna
dibagi menjadi beberapa bagian :
- pasar monopoli : terjadi dimana, ketika hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
- hanya terdapat satu penjual atau produsen.
- harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli.
- umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan orang banyak.
- pasar oligopoli : suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam suatu wilayah area. umum nya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
- harga produk yang dijual relatif sama.
- pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses.
- pasar monopolistik : dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek/merupakan ciri dari produk masing-masing.
- untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda.
- mirip dengan pasar persaingan sempurna.
- brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda.
- produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan meruba harga.
- relatif mudah keluar masuk pasar.
- pasar duopoli : adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar